Thursday , October 22 2020

Satlantas Balikpapan Siapkan Jalur Khusus Sepeda

Hobi bersepeda kembali ngetren di kalangan milenial Balikpapan, seperti yang diabadikan Disway Kaltim beberapa waktu lalu. (Andi Muhammad Hafizh/Disway Kaltim)

Balikpapan, Diswaykaltim.com – Maraknya pesepeda di Balikpapan akhir-akhir ini membuat Satlantas Polresta bersama Dinas Perhubungan Balikpapan segera membuat jalur khusus. Ini agar pesepeda dan pengendara motor tidak bertabrakan.

Kasat Lantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono menyebut, antisipasi menekan angka lakalantas akibat pesepeda ini telah dilakukan.

“Dalam hal ini kami juga merumuskan kondisi jalan dengan Dishub,” ujarnya, Kamis (25/6).

Rumusan yang dimaksud Irawan adalah mempersiapkan sarana pesepeda. “Jalur sepeda yang kita lihat sementara ini masih terputus. Tidak menyambung ke jalan besar atau utama,” jelasnya.

Tanda jalur khusus pesepeda baru ada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Namun ke depannya untuk menegakkan payung hukum bagi pesepeda perlu dengan menambah jalur.

“Payung hukum di Pasal 299 UU Lalin dan Angkutan Jalan. Melanggar bisa diancam pidana,” imbuhnya.

Jadi, jika di luar jalur bisa kena denda. Hal itu untuk memberi rasa aman. Kepada pesepeda dan pengguna jalan lain.

“Makanya kami harus lengkapi dulu sarananya. Sehingga bisa ditegakkan hukumnya,” ujarnya.

Irawan menyebut sampai saat ini belum ada laka yang disebabkan pesepeda.

Diakuinya, dalam aturan mendahulukan pejalan kaki dan pesepeda. Namun dinamika lalu lintas selalu dinamis dan berkembang. Sehingga harus ada rute-rute khusus bagi pesepeda. Khususnya jalan yang ramai atau trafik padat. (bom/hdd)

About Irawan Setyono, S.H. S.I.K, M.H

Check Also

Sosialiasi “Marka Physical Distancing” di Balikpapan selama Tiga Pekan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Satlantas Polresta Balikpapan mengenalkan marka baru bagi pengendara motor. Marka untuk menjaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *