Thursday , October 22 2020

Lakalantas dan Pelanggaran di Balikpapan Menurun

Balikpapan, diawaykaltim.com – Kendati belum signifikan, namun angka kecelakan lalu lintas selama pandemi menurun. 

Dari data Unit Laka Satlantas Polresta Balikpapan, mencatat 10 kejadian lakalantas sejak Januari hingga Februari 2020. Kemudian pada Maret hingga April, ada enam kejadian lakalantas. Penurunan ini terjadi di masa pandemi. “Jika dibandingkan dua bulan sebelum pandemi, ada penurunan empat kasus lakalantas,” terang Kasat Lantas Polresta Balikpapan Kompol Irawan Setyono saat ditemui, Selasa (30/6).

Salah satu penyebabnya, lanjut Irawan, adalah berkurangnya mobilitas masyarakat. Akibat adanya pembatasan akses jalan di beberapa titik-titik tertentu. “Apalagi aktivitas masyarakat juga sedikit berkurang,” ujar Irawan.

Perwira melati satu itu menambahkan, hampir tidak ada penindakan pelanggaran untuk sementara waktu. Ia menyebut jika jajarannya memang mengurangi kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa, seperti razia dan sebagainya.

Walau demikian, bukan berarti masyarakat diharapkan tak acuh, apalagi abai terhadap tata tertib dan peraturan berlaku. Karena masih ada e-Tilang dan e-Teguran. “Tetap berlaku. Untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa walaupun di masa pandemi seperti ini, aturan berlalulintas tetap berjalan,” ujarnya.

Irawan mengimbau masyarakat selalu tertib kepada aturan berlalu lintas demi keselamatan berkendara di jalan raya. (hlf/hdd)

About Irawan Setyono, S.H. S.I.K, M.H

Check Also

Sosialiasi “Marka Physical Distancing” di Balikpapan selama Tiga Pekan

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Satlantas Polresta Balikpapan mengenalkan marka baru bagi pengendara motor. Marka untuk menjaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *