Wednesday , July 28 2021

Sering Ganggu Masyarakat di Malam Hari, Polantas Polresta Balikpapan Terima Aduan Melalui Medsos

Situasi di halaman Satpas Polresta Balikpapan saat pelanggar mengganti knalpot.TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Guna memaksimalkan penindakan terhadap penggunaan knalpot tak standar di jalan raya, pihak Polantas Balikpapan turut mengandalkan aduan dari masyarakat.

“Jadi masyarakat sering merasa terganggu di malam hari akibat pemakaian knalpot tak standar,” sebut Kasat Lantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono, Senin (7/6/2021).

Hal tersebut, ia ketahui lantaran sering menerima aduan melalui media sosial terkait balapan liar dari masyarakat.

“Disini juga kita mengakomodir masyarakat melalui media sosial,” tandas Irawan.

Ia pun menekankan, bahwa giat penindakan ini akan dilakukan secara rutin demi meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Tidak hanya itu, akibat penggunaan knalpot tak standar juga dialami tak hanya masyarakat, bahkan termasuk pengguna jalan lain.

Sehingga, ia pun memperkenankan masyarakat untuk mengadu melalui media sosial terkait penggunaan knalpot tak standar yang mengganggu masyarakat. 

Sebelumnya, terlihat di area Satpas Polresta Balikpapan tengah dipenuhi sejumlah kendaraan roda dua yang disita, Senin (7/6/2021).

Hal tersebut diketahui akibat penggunaan knalpot tak standar, terlebih di antaranya melanggar batas kecepatan maksimum.

Meski demikian, pihak Satlantas Polresta Balikpapan mempersilahlan untuk mengambil kendaraannya dengan memenuhi 5 persyaratan.

Kasat Lantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono mengemukakan bahwa pengambilan kembali, diwajibkan membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi lagi.

“Itu juga harus ditandatangani oleh Ketua RT, Lurah, Camat, Kapolsek dan Danramil setempat,” urai Kompol Irawan.

Disamping itu juga harus membawa knalpot standar untuk diganti dengan knalpot brong serta melakukan pembayaran tilang di BRI.

Situasi di halaman Satpas Polresta Balikpapan dimana sejumlah pelanggar tengah mengganti knalpot brongnya kembali ke standar, di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (7/6/2021). (TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH)

Secara lengkap, berikut rincian persyaratan yang wajib dipenuhi jika hendak mengambil kembali kendaraan yang disita:

– Membuat surat pernyataan tidak mengulangi lagi yang diketahui dan ditandatangi aparatur setempat.

– Membawa knalpot standar untuk mengganti knalpot brong

Salah seorang pelanggar yang tengah mengganti knalpot brong-nya menjadi knalpot standar di halaman Satpas Polresta Balikpapan, Senin (7/6/2021).TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH (TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH)

Syarat lain:

– Melakukan pembayaran tilang di BRI sesuai dengan pelanggaran

– Membuat video testimoni untuk tidak mengulangi lagi

– Anak di bawah umur dan pelajar, wajib melampirkan KK dan didampingi orangtua saat pengambilan.

About polantas balikpapan

Check Also

Tak Bisa Tunjukkan Sertifikat Vaksin ke Petugas di Balikpapan, Warga Kukar Disuruh Putar Balik

Tim gabungan melakukan penyekatan di beberapa akses menuju Kota Balikpapan, Senin (12/7/2021).TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN– …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *